Rabu, 25 Januari 2017

Mahasiswa Peternakan UMBY Raih Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Tiga mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) meraih juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Musyawarah Wilayah IV (Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia) ISMAPETI yang ke XXI Tahun 2017. UMBY dapat mengungguli Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Malang maupun Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian.


Kompetisi dengan tema ‘Teknologi dibidang Peternakan menuju Indonesia Emas 2045’ diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan Universitas Udayana ini diikuti oleh Yudha Moningka, Rizqi Ana Rodiah, dan Novi Nurhayati.

Karya tulis dengan judul ‘BAKCOMHAT (Bakso Combrang Sehat) Upaya Diversifikasi Olahan Pangan Bernilai Gizi Tinggi Terhadap Kualitas Organoleptik dan Uji Mikrobiologi Menuju Indonesia Emas 2045’ mampu mereka paparkan secara lugas dan meyakinkan para dewan juri.

Karya tulis yang mereka usung tersebut memaparkan mengenai pemanfaatan tumbuhan Combrang sebagai bahan pengawet dan pengenyal bakso, menghilangkan penggunaan borak atau formalin yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Di beberapa tempat Combrang ini biasa disebut Kecombrang yang biasa digunakan sebagai sayuran ataupun rempah untuk bumbu masakan. Selain menggunakan daging sapi maupun ayam dan tepung, saat produksi bakso dapat ditambahkan Combrang. Hasilnya, rasa bakso lebih gurih dan sedikit asam.

“Penambahan Combrang ini dapat membuat bakso tahan selama 4 hari di suhu ruangan,” jelas Yudha Moningka, Ketua karya tulis, yang juga merupakan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) dari Universitas Pembangunan Panca Budi Medan ke UMBY 2016, Selasa (24/01/17).

“Harapannya gagasan ini bisa segera diimplementasikan secara nyata sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat luas karena lebih menyehatkan,” imbuh Yudha.

Rencananya pada Mei mendatang karya tulis ini akan diikutsertakan dalam Paper Competition of Animal Science and Veterinary yang digelar oleh Youth Association of Animal Science di Japan. Mercu Buana...Lebih Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar